STUDY ON GIANT CLAMS (CARDIIDAE) POPULATION IN KEI KECIL WATERS, SOUTHEAST-MALUKU

Udhi Eko Hernawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komposisi dan kepadatan jenis, distribusi ukuran, serta kondisi habitat kima pada sembilan lokasi, yaitu Pulau Ohoimas, Dullah, Naam, Laguna Hoat, Warhu, Pasir Panjang,
Ohoidertawun, Teluk Un, dan Tandusan, di perairan Kei Kecil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kuadrat-transek. Penilaian kondisi habitat mengacu pada tipe substrat yang berdasarkan kode bentik (benthic code). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di perairan Kei Kecil terdapat enam jenis kima, yaitu T. crocea, T. squamosa, T. maxima, T. derasa, T. gigas, dan Hippopus hippopus. Secara keseluruhan kepadatan individu kima di Kei Kecil termasuk sangat rendah. Kima T. crocea adalah jenis yang paling dominan, sedangkan T. derasa dan T. gigas adalah jenis yang paling sedikit ditemukan. Berdasarkan distribusi panjang cangkang, individu yang berada pada fase juvenile jumlahnya lebih sedikit dibandingkan jumlah individu fase remaja dan dewasa. Habitat yang paling bagus di perairan Kei Kecil adalah Ohoimas dengan variasi substratnya dan kekayaan jenis yang tertinggi. Rekomendasi yang diberikan bagi pemerintah lokal dan masyarakat adalah pembentukan daerah konservasi kima melalui pelaksanaan tradisi sasi.


Keywords


Kimia; Cardiidae; Tridaena crocrea; Tridaena maxima; Tridaena derasa; Tridaena gigas; Hippopus hippopus; Kei Kecil; Maluku.

Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.14203/widyariset.13.3.2010.101–108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Widyariset

Indexed by :