DESIGNING CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BASED READING MATERIAL SAMPLE DESIGNS USING LOCAL LEGEND STORIES
Abstract
Fokus penelitian ini adalah merancang atau menyusun bahan ajar membaca bahasa Inggris dengan menggunakan cerita rakyat lokal. Cerita rakyat lokal dipakai sebagai bahan ajar dengan mempertimbangkan aspek kedekatan kultur atau budaya sehingga diharapkan walaupun sedang mempelajari bahasa asing, nilai yang dialihkan tetap merupakan nilai lokal yang dapat diaplikasi dan langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan asumsi bahwa belum ada kriteria standar yang diterapkan dalam penyusunan atau perancangan bahan ajar, maka kriteria CTL (pengajaran dan pembelajaran kontekstual) yaitu: konstruktifisme, pendekatan bertanya, pendekatan inquiry, membangun komunitas belajar, modeling, refleksi dan pengujian secara autentik lalu dipakai untuk menilai apakah bahan ajar ini sesuai dengan konsep pengajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL) atau tidak. Dengan menerapkan metode penelitian deskriptif, data dikumpulkan melalui studi literatur dan dipaparkan dalam bentuk bahan ajar. Selanjutnya, bahan ajar diaplikasikan atau diterapkan melalui pembelajaran di kelas dan kuesioner disebar kepada peserta didik untuk meng-ukur sejauh mana bahan ajar telah memenuhi kriteria CTL. Dart hash kuesioner tergambar bahwa terdapat opini positifdengan menyetujui (46%) dan bahkan sangat menyetujui (38%) bahwa contoh rancangan pengajaran membaca bahasa Inggris dengan menggunakan cerita rakyat lokal telah memenuhi kriteria pengajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL).
Keywords
DOI: http://dx.doi.org/10.14203/widyariset.12.3.2009.83-94
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Widyariset
Indexed by :